Menjadi Pejantan Tangguh

Pejantan Tangguh
Pejantan Tangguh ??
Pejantan Tangguh, judul artikel kali ini mungkin mirip (sama persis malah) dengan judul salah satu lagu dari grup band Sheila On Tujuh, tapi bukan berarti isi artikel ini akan menganalisis isi dari lirik lagu tersebut lho ya. Hanya saja, saya sebagai laki-laki, ingin bertukar pikiran dengan sahabat-sahabat, seperti apa sih sebenarnya seorang pejantan tangguh itu?

Banyak yang mengatakan bahwa laki-laki adalah makhluk yang mempunyai banyak kelebihan, logika dan ego yang lebih mendominasi dalam perjalanan hidup membuatnya hampir selalu bisa lebih survive dalam keadaan apapun dibandingkan dengan perempuan. Sekarang ini, seorang laki-laki (sejati) selalu dianalogikan sebagai seorang yang mempunyai karakter yang kuat, berkepribadian, teguh memegang prinsip, de el el, ia dipersepsikan sebagai makhluk yang "haram" meneteskan air mata di depan orang lain ketika bersedih (entah jika ia sedang sendirian), dan ba-bla-bla banyak lagi yang selama ini sering diidentikan dengan sifat dan kelebihan seorang laki-laki.

Namun, dibalik "kedigjayaan" itu, konon banyak lelaki tidak akan sanggup jika menghadapi tiga hal yaitu Harta, Tahta, dan Wanita, bukan begitu?? Kalaulah ketiga hal tersebut diurutkan, wanita berada diurutan terakhir. Yang berada di urutan akhir, kalaulah diibaratkan sebagai level dalam sebuah game/permainan maka itu adalah yang paling sulit untuk ditaklukan, dalam artian lelaki paling tidak tahan terhadap godaan tersebut. Ini berarti godaan yang paling sulit dihadapi dan dapat menghancurkan seorang laki-laki adalah seorang wanita/perempuan.

Sejarah sudah membuktikan dan bahkan mungkin kita juga pernah mengalaminya, berapa banyak tokoh dunia yang jatuh karena wanita, berapa banyak orang terkenal yang karirnya hancur karena wanita, berapa banyak persahabatan yang hancur karena wanita, de el el, karena wanita!! nah loh. Dan bahkan, mungkin wanita juga yang bisa membuat si lelaki merangkul semua yang bisa menghancurkannya, contoh, dengan bujuk rayu mautnya banyak pejabat yang tadinya tidak tertarik untuk korupsi menjadi tergoda untuk korupsi, dan masih banyak contoh lainnya.

Karenanya, si lelaki juga jadi terkalahkan oleh harta dan tahta padahal mungkin sebelumnya tidak demikian. Hal tersebut tentu adalah pengaruh yang ditimbulkan oleh wanita yang memang mempunyai sifat negatif, dan berbahagialah sobat yang mempunyai pasangan, pendamping yang baik dan bisa menularkan semangat positifnya.

Semua cobaan untuk kaum adam menjadi tidak terbendung karena adanya syahwat/nafsu, baik nafsu terhadap dunia dan juga nafsu terhadap wanita. Jadi mungkin tidak terlalu salah juga kalau mereka yang benar-benar pejantan tangguh menurut saya adalah mereka yang bisa menundukkan cobaan paling berat itu, yaitu syahwat/nafsu terhadap wanita. Dan, bahkan agama Islam mengatakan bahwa jihad/perjuangan yang paling berat adalah perjuangan melawan syahwat/hawa nafsu, dan nafsu yang paling berat tentunya bagi kebanyakan orang adalah nafsu seksual, apalagi bagi mereka yang belum menikah.

Sebenarnya sudah ada rambu-rambu dan cara yang mengatur supaya kita bisa mengekang hawa nafsu tersebut seperti dengan berpuasa, menundukkan pandangan, tidak gaul bercampur lelaki dan wanita, tidak berpikiran kotor, isi waktu luang dengan bersosialisasi dan berkegiatan positif, biasakan jangan terlalu sering menyendiri dan lain sebagainya. Dan yang menarik, salah satu cara agar tidak terjerumus dalam perbuatan negatif yang berkaitan dengan nafsu syahwat adalah anjuran biasakan jangan terlalu sering menyendiri, mengapa demikian ??

Katanya, bagi mereka yang tidak mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif, maka sudah pasti ia akan mengisi waktunya dengan hal-hal yang negatif atau makruh/tidak berguna. Ada kaitan antara anjuran isi waktu luang dengan bersosialisasi dan berkegiatan positif dengan anjuran usahakan jangan terlalu sering menyendiri. Memang kenapa kalau sering menyendiri?? karena dijaman seperti sekarang ini godaan berbuat negatif tatkala menyendiri itu lebih besar! setuju tidak?? maka dari itu, daripada kita tergoda untuk melakukan hal-hal yang negatif dan memperturutkan syahwat ketika menyendiri, lebih baik waktu dan energi yang ada dipakai untuk bersosialisasi dengan sesama dan melakukan kegiatan postif yang lainnya.

Jadi mungkin secara umum ada anjuran rambu-rambu yang harus kita laksanakan supaya tidak tergoda hawa nafsu atau syahwat utamanya bagi laki-laki untuk bisa menjadi seorang pejantan tangguh yaitu dengan cara :
  1. Buat dan pegang prinsip dengan kuat, karena tanpa prinsip dan komitmen perjuangan melawan hawa nafsu/syahwat akan sia-sia
  2. Perbanyak puasa sunnah disamping puasa wajib bagi yang muslim, karena berpuasa bisa mengurangi bahkan membunuh nafsu syahwat dan keinginan-keinginan negatif
  3. Selalu berpikir positif dan membuang jauh pikiran kotor
  4. Batasi interaksi dengan lawan jenis untuk menghindari pikiran-pikiran yang tidak diinginkan
  5. Berpikir jauh kedepan, renungkan lebih jauh apa akibat jika terjerumus nafsu negatif/syahwat yang hanya sesaat
  6. Perbanyak kegiatan positif dan bersosialisasi
  7. Usahakan jangan terlalu sering menyendiri, dan jauhkan berbagai media yang dapat membawa kemudharatan ketika sedang sendirian
Pejantan Tangguh
Jadi Diri Seorang Lelaki
*Sumber Gambar : memecomicindonesia.com

12 comments:

  1. Saya juga pejantan tangguh karena punya banyak anak wkwkwk....

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minal Aidin Wal-Faidzin
      Mohon Maaf Lhir Batin

      Delete
    2. salam juga buat mas iqrozen dan kang tuvli, minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin :)

      Delete
  2. Wah berat juga ya buat jadi pejantan tangguh yg sesungguhnya.

    Regards
    http://travellingaddict.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. berat mas kalau sampil ngangkut padi :D

      Delete
  3. hehe..inget lagu ini
    inget akan sesuatu :)

    ReplyDelete
  4. gambar saya ko'dipajangin seh?...huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg mana kang ?? yg rambut panjang itu kah ??

      Delete
  5. iya betul interaksi dengan lawan jenis memang sebaiknya dibatasi meskipun dia pasangan kita sendiri.. bahkan memikirkan lawan jenis terus-terusan juga malah bikin kita jadi berharap. ini tidak boleh. berharaplah hanya kepada Sang Pencipta, bukan kepada makhluk ciptaanNya :)

    ReplyDelete
  6. wah memang ada apakah gerangan mas ?? :D

    ReplyDelete
  7. Tiga hal itu yakni harta, tahta, dan wanita menjadi godaan yang sungguh 'memabokkan'. Tiga hal yang menjadi ujian bagi manusia. Sebuah 'peluru emas' yang sangat hebat dalam menghancurkan laki-laki. Berbahagialah bagi mereka yang lolos darinya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete

@jeryanuar