Modal Dusta

Modus
Modus. Source : kvltmags.com dan memesly.com
Modus?? Apa yang pertama sobat pikir ketika mendengar kata tersebut ?? Apa?? Pelajaran matematika ?? Modus, median, mean?? Bukan, maksud saya bukan yang itu, otak saya rasanya tidak kesampaian kalau harus menjelaskan modus yang itu. Yang saya maksud disini adalah "modus" yang menjadi salah satu kata paling beken di kalangan anak muda sekarang.

Tapi sebelumnya, kita coba lihat dulu apa arti kata "modus" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), modus adalah
  1. Cara 
  2. Ling (linguistik) bentuk verba yang mengungkapkan suasana kejiwaan sehubungan dengan perbuatan menurut tafsiran pembicara tentangg apa yangg diucapkannya 
  3. Nilai yangg paling besar frekuensinya dalam suatu deretan nilai 
  4. Angka statistik yang paling sering muncul dalam populasi atau sampel 
Perincian modus terbagi menjadi : 
  • modus desideratif, yaitu modus yg menyatakan keinginan; 
  • modus imperatif, yaitu modus yg menyatakan perintah atau larangan; 
  • modus indikatif, yaitu modus yg menyatakan sikap objektif atau netral; 
  • modus interogatif, yaitu modus yg menyatakan pertanyaan; 
  • modus operandi, yaitu modus operasi; 
  • modus operasi, yaitu cara atau teknik yangg berciri khusus dari seorang penjahat dalam melakukan perbuatan jahatnya; 
  • modus optatif, yaitu modus yg menyatakan harapan 
  • Sumber : http://kbbi.web.id/modus
Nah, itu pengertian modus yang saya kutip dari KBBI, kita sejenak bandingkan dengan pengertian modus yang menjadi bahasa gaul dikalangan anak muda jaman sekarang. Katanya sih, "modus" dalam bahasa prokem itu artinya adalah "Modal Dusta", kata ini sering dimaksudkan pada perilaku seseorang yang mempunyai niat lain dibalik pekerjaan yang sedang ia dilakukan.

Saya rasa tidak ada yang salah dengan pengertian tersebut, karena semua pekerjaan juga pastinya juga begitu, bukan?? belajar dengan rajin karena ingin mendapat nilai yang bagus, bekerja dengan giat karena ingin mendapat banyak penghasilan, de el el.

Jadi dimana perbedaannya kalau begitu?? kalau menurut pendapat saya pribadi, mengambil arti dari kata Modus = Modal DUSTA, ini berarti kecenderungan artinya menjurus kepada arah yang bisa dibilang negatif, bertujuan memuluskan maksud dan keinginan walaupun dengan cara berDUSTA, nah yang namanya dusta itu pasti negatif kan, haiyoh?? (jangan tersinggung ya yang suka modus-modusan) ini hanya opini saya lho ya, maaf kalau sobat ada yang kurang setuju, langsung komplain saja disini.

Biasanya (walau tidak selalu) "modus" ini dimaksudkan untuk menggambarkan interaksi antar lawan jenis dimana salah satunya "mengakali" yang lainnya, dari laki-laki kepada perempuan dan mungkin juga sebaliknya, dan kalau diperhatikan tidak jauh-jauhlah dari apa-apa yang menjadi gambaran pergaulan anak muda jaman sekarang, mulai dari kenalan, pedekate, pacaran, pasti semua itu di dalamnya dipenuhi dengan yang namanya "modus", lalu, kalau dalam hubungan ada modus ?? berarti tidak tulus dong ?? pasti selalu ada udang dibalik batu, yah itu sih terserah penilaian masing-masing saja.

Contoh modus pedekate : 

Jana : "blur, gue nanti hari minggu pagi mau joging sama neng intan anak blok impun sanah, yah itung-itung gue mau mulai nerapin pola hidup sehat juga," 

Jono : "ahh ente mah, sebenernya niat idup sehat apa cuma mo ngedeketin neng intan kembang desa itu?? modus nih elo mahh" 

Jana : "Ehehe, sebenernya iya sih, yah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui lah" 

Seperti itulah kira-kira yang namanya modus, selalu ada misi khusus yang terselip dalam sebuah aksi, tapi anehnya, kaum hawa itu katanya memang senang juga kalau dimodusin?? (pengalaman pribadi). Ah sudahlah *mulai malas nulis, daripada modus-modusan sama lawan jenis, buang-buang waktu dan juga biaya, kalau sobat memang sudah suka sama seorang perempuan, segeralah cari informasi sana sini tentang si dia, dan kalau ternyata informasi yang didapat memuaskan (si cewek baik, rajin ibadah, rajin menabung, rajin membantu orang tua, dll) segera temui saja orang tuanya dan utarakan maksud untuk meminangnya, daripada pedekate dan pacaran dengan dalih (modus) untuk saling mengenal satu sama lain?? salah-salah nanti bisa saling kenal sampai kedalem-dalemnya lho ?? bahaya pan?? Istighfaaarr.

Oh ya, tanggal 22 Juli 2014 ini negara kita Indonesia sudah mempunyai Kepala Negara yang baru yang terpilih setelah melalui tahapan pemilihan kemarin, mari kita doakan agar beliau yang terpilih bisa amanah dalam mengemban tugasnya, jangan sampai jadi modus juga, kalau perlu kita catat apa saja point-point janjinya dulu sebelum terpilih dan segera tagih untuk segera dilaksanakan setelah ia terpilih, kawal terus  jangan sampai negara kita dimodusin, kasihan para pejuang kemerdekaan jaman dulu kalau negara ini dimodusin terus sama para penguasa jaman sekarang.

Modus
Source : m.pulsk.com

11 comments:

  1. sankung populernya
    kata modus..anak2 sering nyebut2 juga ya mas :)

    ReplyDelete
  2. wah harus komentar apa ya ini, nyintut aja deh dulu. hehe

    keren nih mas blog barunya, selamat ya moga2 cepet ngalir pendapetannya..

    ReplyDelete
  3. tahniah pimpinan baru Indonesia...modus utk jayakan negara pasti mantap..

    ReplyDelete
  4. madus banyak jenis jg...

    smoga presiden nggak modus

    blog baru mas jerry?

    ReplyDelete
  5. Modus yg aku lancarkan selama ini sering gagal, Mas. Sepertinya aku cocok jadi presiden yg jujur dan amanah nih :))

    ReplyDelete
  6. hahha.. modus ke lawan jenis ternyata.. itu modus bangeet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kok komentarnya berasa nyindir saya ya :D

      Delete
  7. Saya juga dalam beberapa kesempatan sering mendengar secara langsung orang berkata dan atau mengucap kata "MODUS". Bahkan saya baru tau artinya "modl dusta:" dari tulisan ini. Sebelumnya saya tidak tau artinya, tidak mau tau artinya, atau tidak mau mencari tau arinya. Sukurlah sudah diartikan atau dimaknai dalam tulisan ini. Dalam pandangan pribadi saya sih MODUS lebih mirip dengan sebutan "Pura pura". Atau :"taktik" aja. Heihiehiee. Ini pendapat pribadi aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, kalau diartikan oleh kita kebanyakan sih mungkin begitu artinya, kurang lebih akal bulus lah ya hehe

      Delete
  8. tuuh kan kalau yang udah pengalaman mah pasti tau :D

    ReplyDelete

@jeryanuar