Jangan Terlalu Percaya Pada Internet

Efek Internet
Image By memecomicindonesia.com
Ah, rasanya judul artikel kali ini agak rancu ya, karena admin kutip dari wikipedia arti internet adalah "Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia".

Jadi mungkin judul artikel ini "Jangan Terlalu Percaya Pada Internet" sebenarnya agak rancu artinya, maksud "internet" disini adalah kurang lebih "media untuk mencari berita, menambah pengetahuan, menambah jaringan pertemanan, dan lain-lain" seperti yang kebanyakan orang sering terjemahkan.

Ya, menurut saya pribadi, dan saya yakin banyak diantara sobat sependapat juga yaitu kita jangan terlalu percaya dengan apa-apa yang tertulis atau disajikan di media pencarian internet, baik itu disajikan dalam bentuk artikel, berita, foto, sampai pada video.

Saya berpendapat demikian karena sekarang ini sepertinya banyak sekali orang yang tiba-tiba menjadi banyak tahu karena setiap harinya membaca-baca artikel dan berita dengan internet sebagai medianya. Memang, hal tersebut adalah dampak positif dari adanya sambungan internet, dimana kita jadi mudah mendapat pengetahuan yang baru, internet bak perpustakaan online yang bisa diakses setiap saat tanpa harus beranjak dari kursi duduk.

Mungkin, tidak akan masalah jika yang kita cari di mesin pencarian internet adalah hal-hal biasa atau umum, seperti misal resep masakan, dunia binatang, jenis-jenis flora, de el el...namun, tentunya akan lain ceritanya jika yang kita cari di internet adalah hal-hal yang sensitif, seperti misal tentang agama/kepercayaan, paham kenegaraan, de el el yang mempengaruhi interaksi kita dengan orang lain di dunia nyata.

Jika kita memang ingin mencari informasi tentang hal-hal yang sensitif tersebut melalui internet, kita harus hati-hati karena artikel-artikel dan sejenisnya yang banyak bertebaran di mesin pencarian internet bukanlah karya ilmiah yang pasti dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saya katakan demikian karena banyak juga artikel-artikel, foto, atau bahkan video yang bisa menjerumuskan karena ketidaktahuan kita, ada yang memposting sesuatu di internet dengan niat mengadu domba, ada juga yang untuk kepentingan golongan/segelintir pihak, de el el. Dengan demikian kita harus bijak dalam menyikapi berbagai hal yang bertebaran di mesin pencarian/internet. Banyak cara yang dapat kita tempuh supaya tidak terkena dampak negatif dari internet, beberapa cara tersebut diantaranya saja adalah :
  1. Ketika mencari keterangan tentang sesuatu yang bersifat sensitif di internet, usahakan kita sudah memiliki pengetahuan dasar tentang informasi yang akan kita cari tersebut melaui pelajaran-pelajaran formal, ini sebagai benteng pertama dan utama bagi kita agar tidak terpengaruh hal-hal negatif dari internet, sebagai filter yang bisa menyaring informasi yang menyimpang dari internet.
  2. Jangan menerima mentah-mentah/mudah percaya pada apa-apa yang disajikan di media pencarian internet (masih sama dengan point pertama tentunya ini berkaitan dengan hal-hal yang sensitif), kita harus bersikap kritis apalagi jika merasa ada keganjilan pada informasi yang kita dapatkan melalui internet tersebut. Kita harus cross cek ke sumber lain yang lebih bisa dipercaya
  3. Hindari konten-konten po*nografi, kekerasan, perjudian, dan sejenisnya karena sudah jelas hal tersebut tidak membawa manfaat,
  4. Berkaitan dengan tipu-menipu melalui media internet, salah satunya kita jangan mudah tergiur oleh kemudahan berbelanja dan transaksi di Internet melaui online shop, karena kemudahan transaksi tanpa bertatap muka di internet sangat rawan penipuan. Namun tentunya tidak semua gerai online shop identik dengan penipuan, sangat banyak olshop yang terpercaya dan bahkan beberapa diantaranya sudah mempunyai nama, dengan demikian kita harus berhati-hati memilih gerai olshop jika akan bertransaksi melalui media internet,
  5. Hati-hati terhadap orang yang kita kenal melalui internet khususnya melalui media sosial, tidak semua orang yang kita kenal melalui media sosial tersebut adalah orang baik-baik, sudah banyak kasus kriminal yang berawal dari pertemanan di dunia maya, jadi waspadalah !! waspadalah !!
Orang Ganteng ??
Orang Ganteng

19 comments:

  1. point no 1 dan 2 itulah yg benar-benar perlu diperhatikan ya, mas. Jika tidak, akan mebuat orang salah pengertian dan akhirnya terpancing emosinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dan kalau sufah ngotot2an jadi ngadu otot deh nantinya...panasss deh suasana kalau sudah begitu :)

      Delete
  2. Semua point, yang Kang Jery tulis diatas sangat tepat dan akurat
    Saya sependapat, bahwasanya Boleh saja menggunakan internet
    Tapi jangan mudah percaya dengan hal yang masih Tabu atau
    Samar samar masalah kebenaranya. Wah kunjungan perdana nih di
    Blog Kang Jery, baru bagi ini ya Kang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang begitulah kira2, trimakasih atas tambahannya :)
      iya mas blog baru, baru duabulanan dibuatnya

      Delete
  3. harus cerdas, untuk mencerna informasi di internet.
    tidak semua informasi itu benar.

    salam bloggers

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas andriyatna, baca, teliti, pahami, rasional apa tidak, dan yang terakhir jika sudah pada level bimbang dan tidak mengerti bisa di tanyakan pada teman teman sekitarnya biar tahu informasi yang benar dan yang tidak benar.

      Delete
  4. pada jaman sekarang ini harus pandai dan jeli ya Mas dalam menyaring segala informasi yang kita dapat dari internet, karena banyak sekali orang-orang yang justru memanfaatkan teknologi ini untuk merugikan orang lain

    ReplyDelete
  5. tipsnya bermanfaat mas, dan sebagian sudah saya terapkan,, salam bloger mas, salam sapa salam sahabat dan salam damai

    ReplyDelete
  6. nuhun infonya mang.
    dari awal ng'net saya emang hanya percaya hanya pada Allah SWT.
    maaf yea...

    ReplyDelete
  7. Itu karena google/internet mendekteksi berdasarkan keyword bukan kebenaran fakta. Itulah rusaknya dunia internet

    ReplyDelete
  8. itulah internet mas, bagaimanapun kita sebagai orang tua masih bisa memilah dan milih mana yang benar dan yang salah, nah tugas sebagai orang tua adalah mengarahkan anak-anak yang saat ini benar-benar lebih berkembang otaknya dengan keingin-tahuan yg lebih besar, ke arah yang baik saat sedang berinternet.. :)

    ReplyDelete
  9. pas banget point - poin diatas ngena banget kang hehehe

    ReplyDelete
  10. kalau menyangkut soal agama dan kepercayaan memang rantan sekali dengan tipu-tipu dan adu domba

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Setuju dengan Mas Wong dan Mas Indra di bawah ini

      Delete
  12. waspada atas kecerobohan yang di akibatkan ketidak tahuan ya Mas ? he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  13. Kunjungan Rutin Kang Jery kembali baca lagi tentang artikel
    Yang membahas tentang Internet.. tetap semangat yah Kang..?

    ReplyDelete
  14. dampak positifnya banyak, dampak negatifnyapun banyak kalau tidak hati-hati ya mas, setuju saya

    ReplyDelete

@jeryanuar