6 October 2015

Agar Euphorbia Berbunga Lebat

Euphorbia Marak Tunas dan Bunga
Euphorbia Marak Tunas dan Bunga
Euphorbia, sobat ingin tanaman ini bertunas banyak, berdaun dan berbunga lebat? Dengan bunganya yang berkelompok, tentu sangat indah memandang tanaman bunga berduri ini jika ia berbunga lebat dan sangat banyak. Kalau batangnya "ngacir" dan bunganya sedikit, penampilan tanaman ini jadi kurang elok.

Ya, memang tidak ada pilihan, jika ingin Euphorbia terlihat menarik, maka ia harus rimbun dan mengeluarkan banyak bunga. Sobat mau Euphorbia yang seperti itu? Ada trik yang bisa dilakukan agar Euphorbia bisa berdaun dan berbunga lebat. Namun trik ini hanya bisa diterapkan pada tanaman yang berumur sekitra 14 hari setelah sambungan. Berikut cara agar Euphorbia bertunas, berdaun, dan berbunga lebat ;
  • letakkan Euphorbia berumur 14 hari setelah sambungan, dibawah cahaya lampu TL pada malam hari,
  • jarak tanaman dengan lampu kira-kira 10 meter,
  • lakukan perlakuan ini sampai tunas tumbuh 2-3 bulan kemudian,
  • untuk membungakan, pindahkan Euphorbia ke tempat semula, tanpa cahaya tambahan pada malam hari.
Dengan perlakuan seperti di atas, bunga akan tumbuh 1 – 2 bulan kemudian, dimana munculnya bunga tersebut tentu dibarengi dengan pertumbuhan daun. Terhitung, tunas, daun, dan bunga bisa berlipat dua kali dibanding dengan tanaman yang tidak diberikan perlakuan seperti di atas.

Bagaimana? cukup mudah bukan, sobat? Kuncinya adalah, telaten, tapi itu nanti akan sebanding dengan keindahan tanaman dan bunga Euphorbia yang kita bisa lihat.

Blogger nubie yang seringkali mengalami insomnia di hampir setiap malamnya. Karenanya, Berbagi Ocehan, Lamunan, Obrolan, dan Racauan (BOLOR) menjadi tagline blog ini.


EmoticonEmoticon