Cara Menyiram Euphorbia Yang Baik & Benar

Menyiram Euphorbia agar Euphorbia Marak Tunas dan Bunga
Euphorbia Marak Tunas dan Bunga
Cara Menyiram Euphorbia Yang Baik dan Benar - Sobat memelihara bunga Euphorbia di rumah? Indah ya ketika bunganya tumbuh bergerombol, tetapi kadang bingung juga ketika mau menyiram bunga ini. Bagaimana tak bingung? Bunga ini termasuk tanaman gurun, tapi mempunyai kebutuhan air yang cukup tinggi.

Kalau begitu serba salah tentunya. Jika disiram, takut busuk karena kurang toleran akarnya. Jika tidak disiram, takut layu atau kering pohon serta bunganya. Masih mending jika hanya mengerdil, "kacentet" kalau kata orang Sunda bilang, bagaimana kalau terus mati? Kan sayang.

Menyiram Euphorbia, kadangkala hal itu membuat para penggemar, atau yang memelihara tanaman ini serba salah. Karena tanaman ini tergolong mempunyai kubutuhan air yang cukup tinggi, tapi bila terlalu sering disiram akan mengakibatkan akar menjadi busuk.

Jika kita terlalu sering menyiram tanaman ini, warna akarnya akan menjadi coklat dan lembek, seperti bubur! Kalau sudah begitu, akar akan kehilangan fungsinya dan menyebabkan tanaman lama kelamaan akan mati. Sebaliknya, jika tanaman ini kekurangan air, daunnya akan mengering dan rontok, tanaman pun akan mengkerut dan tumbuh kerdil. Waduh, pusing juga ya kalau begini?

Agar tidak serba salah seperti itu, sebenarnya ada cara mengetahui kapan saat Euphorbia harus disiram. Caranya pun cukup sederhana. Cara mengetahui kapan Euphorbia harus disiram adalah dengan melihat tanaman. Saya garis bawahi, sekali lagi, dengan melihat tanaman!

Jika tanaman sudah tampak kering, berarti itu sudah saatnya untuk disiram. Tapi, untuk memastikan Euphorbia terlihat kering jangan percaya pada pandangan mata saja, sobat harus mengecek media tanam Euphorbia itu sendiri. Caranya, gunakan jari untuk mengorek media tanam sedalam 1 – 2 cm, jika terasa benar-benar kering, barulah lakukan penyiraman. Sebaliknya, jika media masih terasa basah penyiraman jangan dulu dilakukan. Mudah bukan?

Waktu penyiramannya sendiri paling baik dilakukan pada pukul 08-00 – 09.00 dan pukul 15.00 – 16.00. Dengan begitu, Euphorbiabisa tumbuh dengan sehat, bunganya akan mekar bergerombol, mengasyikkan tentunya melihatnya.

2 comments:

  1. Cara menyiram tanaman ini berlaku untuk semua jenis pepohonan. Waktu pagi atau sore itu lebih baik. jangan siang hari yang justru akan membuat bunga mati. karena ya itu, cuaca panas terus kena dingin, bisa layu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyuuupp, tapi untuk tanaman seperti di atas jangan tiap hari lho disiramnya

      Delete

@jeryanuar