Agar Parutan Kelapa Hasilkan Banyak Santan

Memarut kelapa
Memarut kelapa
Agar parutan kelapa menghasilkan lebih banyak santan? Wah artikel apa pula ini? Untuk apa menulis yang seperti ini toh pasti semua sudah pada tahu kan, apalagi ibu rumah tangga, sudah jadi pekerjaan sehari-harinya! Hmm, mungkin ini sekedar catatan saja, karena di hari raya Idul Fitri kemarin saya mendapat ilmu baru, ya tentang cara memarut kelapa yang baik dan benar ini.

Kebetulan, di rumah, sebagaimana kebanyakan lelaki, sehari-harinya saya tidak begitu familiar dengan kegiatan di dapur, masak memasak utamanya. Paling, saya hanya bisa membuat mie instan, telor ceplok/dadar, masak air, dan membuat nasi goreng. Tapi kemarin ketika hari raya hampir tiba, dimana dapur menjadi pusat kegiatan yang hampir melibatkan seluruh anggota keluarga, saya pun harus ikut terjun.

Mulanya disuruh memilih mau bantu apa, asal ikut bekerja bersama-sama, hitung-hitung ngabuburit katanya, toh sudah libur juga. Mulanya serba salah, pegang bumbu-bumbu, takut salah, pegang daging, begitu juga, dan lain-lain. Sebenarnya bukan takut perkara salahnya, rasanya pening saja mendengar omelan ibu-ibu yang sedang kumpul itu, hhe.

Setelah melihat-lihat, akhirnya saya memilih yang (sepertinya) termudah saja, memarut kelapa! srut...srut..., saya mulai memarut, kelapa yang terparut mulai terlihat keluar dari bawah lubang-lubang parutan. Dan tiba-tiba “hey hey hey!! bukan begitu cara marutnya!! Harusnya xjksldjuenbsjdsgsksl hsjdkdliash!!” Yah, ternyata tetap saja kena omel.

Tapi dari situ, saya jadi tahu cara agar parutan kelapa menghasilkan lebih banyak santan. Sederhana saja, ternyata kita harus memarut memotong ruas-ruas daging kelapanya. Nah di awal memarut, saya memotong searah ruas daging kelapa, itu katanya membuat kandungan santan yang ada tidak semuanya keluar, dan jadi banyak yang terbuang. Entah itu benar atau tidak, tapi sepertinya memang benar demikian, karena ketika sebuah ruas (apapun itu) terpotong, apa yang ada di dalamnya akan keluar, bukan?

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut, agar parutan kelapa menghasilkan lebih banyak santan ;
Ruas daging kelapa
Ruas daging kelapa

Arah memarut kelapa
Arah memarut kelapa

1 comment:

  1. kalau dulu saya bantu adik memasak kalau kebagian marut kelapa seneng mas. ya asal asal parut aja hingga habis ternyata e ternyata ada trik nya juga

    ReplyDelete

@jeryanuar