15 July 2016

Mari Membaca Q.S Ali Imran 26-27

Perjalanan hidup dengan lika-likunya seringkali menghadirkan banyak kejadian diluar dugaan, tanpa disangka-sangka sebelumnya. Sebuah kejadian besar dirasa terjadi begitu saja, walau setelah coba dipahami, kita sadar, kebanyakan, itu berasal dari akumulasi hal-hal kecil yang seringkali tidak kita sadari, itu bukan semata-mata takdir Tuhan yang tiba-tiba menohok muka. Kejadian itu, ada yang membahagiakan, ada pula yang menyedihkan, tentu kita sudah mafhum,

Adapun hal-hal besar yang membahagiakan, seringkali kebanyakan kita tidak menyadarinya karena lalai, misal, lancarnya tarikan nafas setiap harinya yang sejatinya adalah sebuah keajaiban, karunia terbesar dari-Nya untuk kita bisa menjalani kehidupan. Kebanyakan kita mempersepsikan hal-hal besar yang membahagiakan ini dengan apa-apa yang berbau fana, misal menang undian mobil, rejeki nomplok nih! dan lalu kita pun bersyukur tak habis-habis sampai beberapa waktu.

Adapun liku kehidupan dengan kejutannya yang membawa kesedihan, seringkali kita lebih sensistif. Entah kenapa, mungkin karena kecenderungan manusia adalah mengeluh. Jangankan karena hal besar, karena hal kecil saja, deritanya sudah terasa. Ini seperti kebalikan dari yang pertama tadi.

Kejadian-kejadian di luar dugaan yang membawa rasa sedih dan luka banyak macamnya, mulai dari pasangan yang kesetiannya sudah sangat dipercaya tapi tiba-tiba berkhianat, pengusaha kaya raya tiba-tiba jatuh miskin, dan lainnya. Intinya, itu jadi sebuah kejadian yang dirasa memutar kehidupan kita 180 derajat, dari yang asalnya bahagia, tiba-tiba jadi penuh dengan kesedihan. Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal seperti ini. Dan kebanyakan dari kita, ya tidak jauh-jauh, mengaitkan hal seperti ini dengan kehidupan dunia, termasuk salah satunya tentang rejeki.

Terkait dengan itu, bagi kita yang beragama Islam tentu pernah mendengar tentang fadhilah surat Ali Imran 26-27, yaitu memperlancar rezeki, mengangkat derajat. Dari berbagai keterangan dikatakan ayat ini turun ketika Rasulullah memohon kepada Tuhan agar menundukkan kerajaan Romawi dan Persia ke dalam kekuasaan umatnya.

Berikut Q.S Ali Imran 26-27 beserta artinya ;

Surah Ali Imran 26-27 (image by adhinbusro.com)
"Katakanlah ; "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan bagi orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Ditangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu,"

"Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)," (QS Ali Imran ayat 26-27)

***

Ayat ini dipercaya menjadi sebuah jalan, perantara kemudahan dari yang Maha Kuasa, Allah sang Pemilik semesta. Bagi sobat yang yang mau mengamalkan, mendawamkan (membiasakan/merutinkan) membaca ayat ini agar diberi kemudahan hidup, yuk mari kita sama-sama. Memang doa bisa dengan beragam bahasa dan susunan kata, tapi bukankah sebaik-baik do'a dan dzikir adalah Al Qur'an? Dan tentu, itu semua harus diiringi dengan usaha, ikhtiar sekuat tenaga.

Tapi sebelum mengamalkannya, alangkah baiknya jika kita meluruskan dan memantapkan niat, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti ;
  • Jangan mengistimewakannya dibanding ayat-ayat yang lain, semua ayat dalam Al Qur'an adalah firman Allah, jangan dibeda-bedakan, Membacanya adalah ibadah, menjadi sarana pendekatan diri pada-Nya,
  • Ayat ini jangan dianggap sebagai sosok yang memperlancar/mendatangkan rezeki, karena itu sepenuhnya kewenangan Allah swt. 
  • Akan jauh lebih baik jika kita mengerti maknanya,
  • Jangan hanya baca asal dibaca, tapi juga hayati, sehingga memantapkkan keyakinan bahwa Allah, dengan kehendak-Nya akan memberi kemudahan.

Blogger nubie yang seringkali mengalami insomnia di hampir setiap malamnya. Karenanya, Berbagi Ocehan, Lamunan, Obrolan, dan Racauan (BOLOR) menjadi tagline blog ini.


EmoticonEmoticon