11 July 2016

Tanaman Darat Untuk Aquascape, Bambu Rejeki

Sri rejeki/bambu rejeki bisa untuk aquascape
Sri rejeki/bambu rejeki
Setelah di artikel sebelumnya membahas "Tanaman Darat Untuk Aquascape, Rane", sekarang mari kita membahas tanaman darat yang bisa digunakan untuk aquascape selanjutnya, yaitu bambu rejeki. Bambu rejeki, sri rejeki, ribbon plant, tanaman ini mempunyai banyak sebutan, tapi umumnya kita menyebutnya dengan sri rejeki/bambu sri rejeki. Tanaman ini termasuk jenis tanaman hias, bahkan ia bisa disusun membentuk rangkaian yang indah dan dipercaya sebagai pembawa hoki.

Mempunyai nama ilmiah Dracaena Sanderiana, meski disebut "bambu" nyatanya ia tidak tergolong dalam jenis bambu-bambuan, batangnya ramping dan lentur. Tumbuhan yang jika tumbuh bersama akan tampak menyemak ini terdiri dari banyak macam, tapi kebanyakan yang dipelihara atau bahkan tumbuh liar di Indonesia adalah yang hijau polos dan hijau bergaris putih seperti tampak pada gambar di atas.

Tanaman ini berasal dari negara Kamerun, ia bisa tumbuh bandel dalam segala kondisi. Asal mendapat sedikit air dan cahaya saja tanaman ini akan bisa bertahan, hebat ya, perawatannya sangat mudah. Tapi jika ingin memeliharanya dalam pot, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai akarnya berdesakan di dalam media tanam, jika sudah begitu bukan tidak mustahil pot akan pecah, daun-daunnya menguning. Dan jika sudah tidak seimbang antara tanaman dan pot (karena tanaman ini mudah sekali tumbuh membesar) ia akan mudah terguling.

Dan ternyata selain sebagai tanaman hias darat, bambu rejeki juga bisa digunakan untuk aquascape. Ya, bambu rekjeki/sri rejeki adalah tanaman darat yang bisa digunakan untuk aquascape. Ia bahkan bisa tahan cukup lama di dalam air, sampai berbulan-bulan tanpa perawatan apapun, hebat kan? Dalam aquascape temporer berisi tanaman darat, seringnya/selalu tanaman ini dijumpai masih hidup ketika tanaman lainnya sudah mati.

Jika ia disimpan di substrat/di dasar aquarium, ia akan menumbuhkan akar, sudah seperti tanaman air sebenarnya saja ya. Adapun jika ia ditempel pada kayu-kayuan penghias aquascape, ia akan awet dan tidak layu/rusak, tapi juga tidak tumbuh. Benar-benar bandel ya tanaman ini, bahkan lebih bandel dari tanaman air kebanyakan untuk aquascape.

Dengan demikian, bambu rejeki/sri rejeki bisa dijadikan alternatif pengganti tanaman air di aquascape. Saya tidak tahu berapa harganya jika membeli di pasaran, karena seringkali mengambilnya langsung di alam, gratis. Ya, di daerah saya, meski tidak banyak, di beberapa titik tanaman ini bisa tumbuh liar menyemak, mungkin dulunya dibuang oleh si empunya karena sudah bosan.

Blogger nubie yang seringkali mengalami insomnia di hampir setiap malamnya. Karenanya, Berbagi Ocehan, Lamunan, Obrolan, dan Racauan (BOLOR) menjadi tagline blog ini.


EmoticonEmoticon