Cara Rangsang Bunga Adenium

Bunga Adenium
Bunga Adenium
Bunga adenium, si mawar gurun ini memang sangat menggoda ya. Apalagi pada beberapa jenis, bunga ini bonggolnya unik-unik, kadang menyerupai sesuatu dan seringkali dikonteskan. Bunganya indah dengan aneka warna terang yang akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Karenanya, mereka yang memelihara Adenium tentu ingin tanamannya cepat berbunga, bukan begitu? Bukan apa-apa, karena bunga Adenium memang terkenal indah dan memanjakan mata. Kalau tanamannya malas berbunga, tentunya itu akan membuat kesal, dan tidak mustahil menimbulkan rasa malas untuk memeliharanya lagi.

Karena memang tak jarang, Adenium hanya menumbuhkan daun, dan daun terus, Adenium seperti itu seolah malas berbunga. Adenium yang seperti ini bukan tidak bisa berbunga, ia hanya perlu perlakuan khusus, dirangsang agar cepat berbunga. Jadi jika Adenium sobat bandel tidak mau berbunga seperti itu, jangan dulu putus asa.

Sebenarnya, ada cara sederhana dan mudah untuk merangsang mawar gurun itu agar cepat menumbuhkan bunganya, dengan syarat usia tanaman sudah cukup. Berikut cara mudah merangsang tumbuhnya bunga Adenium ;
  • Hentikan penyiraman sampai semua daun rontok,
  • setelah semua daun rontok, beri pupuk berkadar P tinggi dengan cara disemprotkan atau disiramkan ke media,

Dengan tahapan sederhana di atas, tanaman yang telah sampai pada tahap “stres air” ini akan membuat adenium merasa terancam, sehingga itu merangsang dirinya  agar cepat mengeluarkan bunga. Sedangkan unsur P pada pupuk dimaksudkan supaya bunga cepat terbentuk, karena unsur P merupakan hara untuk membentuk bunga. Bagaimana? Mudah kan, sobat?

No comments:

Post a Comment

@jeryanuar